Senin, 28 Maret 2011

lampungku tercinta untuk selamanya

Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu Daerah Tujuan Wisata (DWT) di Propinsi Lampung. Ini dapat dilihat dari banyaknya wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang berkunjung untuk menikmati berbagai objek wisata di Lampung Barat. Objek wisata di Lampung Barat sangat lengkap mulai dari laut, danau, pegunungan, wisata alam dan juga wisata petualangan.
Untuk pengembangan pariwisata di Lampung Barat, Pemerintah Kabupaten terus melakukan berbagai upaya seperti penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur.

ImageKawasan Wisata Terpadu Lumbok Ranau (Seminung Lumbok Resort)
Keindahan Danau Ranau di Pekon Lumbok Kecamatan Sukau memang luar biasa, demikian diungkapkan berbagai kalangan yang pernah berkunjung ke Lumbok. Ditempat itu kita bisa menyaksikan hamparan biru danau dengan latar belakang gunung seminung yang menjulang tinggi dan perbukitan hijau. Wisatawan juga menikmati kehangatan air panas dikaki gunung seminung, berperahu,dan berpiknik bersama keluarga.Karena disini terdapat.

Untuk memanjakan wisatawan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah membangun berbagai sarana seperti fasilitas 2 Cottage dengan kolam renang, hotel standar bintang 3 dengan 16 kamar, Restoran dan Convention Hall dengan kapasitas 30 orang lantai dasar dan 400 orang lantai atas.
ImageWisata Paralayang
Selain menikmati keindahan alam danau, wisatawan yang hobi olahraga paralayang dapat melakukannya disini. Kegiatan dirgantara paralayang merupakan bagian atraksi wisata. Dari ketinggian sekitar 400 meter, wisatawan dapat menikmati kontur alam yang begitu indah, danau ranau yang dilingkupi oleh pegunungan yang tegak menjulang salah satunya Gunung Seminung serta areal persawahan yang membentang luas sungguh panorama alam yang menyejukkan hati.
Wisatawan melakukan take off di bukit Mandi Angin, Pekon Lumbok dengan ketinggian 400 meter dpl. Site paralayang di Lumbok Ranau secara teknis sangat layak dan memiliki pemandangan alam yang lengkap.
Wisata Alam Pekon Hujung
Objek Wisata di Pekon Hujung Kecamatan Belalau, disini terdapat Gunung tertinggi di Lampung Barat yaitu Gunung Pesagi, dimana gunung ini dijadikan sebagai wana wisata atau wisata alam. Wisatawan selain berpetualang melakukan pendakian dapat melihat keindahan alam dan bahari Lampung Barat dari ketinggian Gunung, disini juga terdapat Home stay yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.
Wisata alam kubu perahu
Lampung Barat memang tidak pernah habis. Satu lagi lokasi petualangan alam yang sangat menantang. Yakni wisata alam Kubu Perahu di Kecamatan Balik Bukit. Di sini wisatawan dapat menikmati rimbunnya pohon-pohon besar hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Lokasi ini sangat cocok untuk kegiatan jungle run. Wisatawan dapat menikmati aliran sungai yang jernih disepanjang perjalanan menapaki hutan kawasan TNBBS. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati air terjun Sepapa Kiri yang begitu jernih dan indah.
Desa Wisata Lumbok
ImageLampung Barat juga menyajikan wisata desa, dimana desa yang dikunjungi masih sangat alami dengan suguhan pemandangan Danau Ranau, di tempat ini para pengunjung dapat melakukan aktivitas yang cocok untuk keluarga diantaranya : Menombak ikan, memanah ikan, berenang, memancing belut dan aktivitas malam yang tak kalah serunya.
Didesa Lumbok yang berjarak + 30 km dari ibukota kabupaten Lampung Barat Liwa, pengelola kawasan ini menyediakan homestay dirumah tradisional penduduk setempat dan menyajikan kuliner khas, seperti gulai taboh, dan ikan bakar
Danau Suoh.
Wisata alam ini menyajikan potensi wisata olahraga serta menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan, perjalanan ke lokasi yang hanya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan jenis off Road dan kendaran roda dua jenis trail. Di sini terdapat 3 buah danau yang berubah-ubah warnanya. Kawasan sekitar danau terdapat sumber panas bumi yang menambah keunikan dan keistimewaan lokasi. Untuk menuju lokasi dapat melalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak dengan jarak tempuh 4 jam perjalan dari Ibukota Liwa. Juga dapat melalui Kecamatan Wonosobo Kabapaten Tanggamus.
Arung Jeram
Bagi anda yang gemar olah raga arung jeram (rafting), Lampung Barat memiliki Sungai Way Besai. Di sungai yang terdapat di Kecamatan Sumber Jaya ini wisatawan dapat menikmati lintasan jeram dengan grade III dengan jarak tempuh 3 km menjanjikan aktifitas yang menantang bagi para penggemar olahraga arung jeram.
Wisata Bahari
Objek Wisata Bahari terdapat di daerah pesisir Lampung Barat diantarnya :
ImagePantai Tanjung Setia
Terletak di Pesisir Selatan, 52 Km dari Liwa potensi daya tarik yang ditawarkan adalah berselancar, berenang, menyelam, berperahu, berlayar, snorking, memancing, berjemur matahari,menyusuri pantai,mengumpulkan karang dan fotografi.
Pantai Labuhan Jukung
Pantai labuhan jukung yang berlokasi di pekon kampung Jawa kecamatan, 35 Km dari Liwa
Pesisir Selatan
Pantai Way Jambu
Terletak di Pesisir Selatan, 60 Km dari Liwa potensi daya tarik yang di tawarkan adalah berenang, menyelam, bersepeda,selancar angin, berkemah,dan berjemur matahari
Pantai Way Sindi
Pesisir Tengah, 34 Km dari Liwa
Pantai Suka Negara
Terletak di Bengkunat , 68 Km dari Liwa
Pantai Way Haru
Terletak di Bengkunat, 212 Km dari Liwa.
Objek wisata budaya dan sejarah
Objek Wisata budaya dan sejarah, adanya situs megalitik di Pekon Purajaya, rumah tradisional di desa Sukadana, dan berbagai Petilasan Patih Gajah Mada di Kecamatan Lemong.
Potensi Kesenian
Pesta Sakura
Pesta sakura merupakan pesta topeng yang diadakan tiga hari setelah Hari Raya Idul Fitri, dimulai sejak jam 09.00 hingga berakhir pada sore hari. Keunikan dari pesta sakura ini dalam acara panjat pinang yang berhadiakan berbagai barang yang digantung dipuncak batang pinang, para pemanjatnya terdiri atas beberapa orang pria (kelompok), dan para pemanjat tersebut memakai topeng serta dengan berbagai busana yang unik, bahkan para ada ada diantaranya ang memakai pakaian wanita. Pesta ini dilaksanakan
Tari-tarian
Sesuai dengan kondisi alam yang terdiri dari daerah perhutanan dan lautan, Kabupaten Lampung Barat memiliki aneka ragam tarian dengan tema yang banyak terinspirasi dari lingkungan. Keberdaan margasatwa banyak mengilhami gerakan tari-tarian di daerah Lampung Barat. Di daerah Balik Bukit terdapat Tari Kenui dan Tari Batin,dua jenis tarian yang gerakannya meniru burung elang. Tari batin biasanya dilakukan dalam rangka menyambut tamu-tamu penting. 
Event ini dilaksanakan rutin menyambut HUT Kabupaten Lampung Barat. Didalam event Teluk Stabas ini diadakan perlombaan Budaya dan Olah raga antara lain: Kebut Pesagi, Kebut Jukung (sampan), Pawai Budaya Arung Jeram, dan Lomba tarian adat tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More