Senin, 28 Maret 2011

Indahnya hutan lampung barat

Kabupaten Lampung Barat memiliki luas 495.040 Ha, sebagian besar  wilayahnya merupakan kawasan hutan (±64% dari luas wilayah daratan kabupaten).  Kawasan hutan itu terdiri :

    * Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) 280.300 ha
    * Hutan Lindung  39.191 ha
    * Hutan Produksi Terbatas 33.358 ha

Adapun komoditas unggulan dari sektor kehutanan mencakup:

Damar
Komoditas yang menjadi unggulan  Kabupaten Lampung Barat hingga dikenal ke dunia Internasional adalah Damar Mata Kkucing (Shorea Javanica) dengan areal luas tanaman seluas 17.500 Ha dengan Produksi 5000 ton /tahun, dimana hampir 80%  damar mata kucing Indonesia berasal dari Lampung Barat, karena merupakan damar terbaik didunia dan digunakan sebagai stabilizer pada industri cat, tinta, pharmasi, kosmetik.

Hampir diseluruh wilayah pesisir Lampung Barat yakni di Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Karya Penggawa, Pesisir Tengah, Pesisir Selatan, Ngambur, Bengkunat dan Bengkunat Belimbing terdapat hutan damar.
Negara tujuan ekspor damar mata kucing meliputi : India, Jerman, Philipina, Perancis, Belgia, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Pakistan dan Italia.

Kayu
Lampung Barat merupakan penghasil kayu Damar, Medang, Sengon, Cempaka, Afrika, Karet ,Jati, dll.selama tahun 2006 produksi kayu mencapai 16.585.17 m³


Tanaman Gaharu
Berdasarkan kondisi iklim dan topografi kabupaten Lampung Barat memiliki jenis-jenis tanaman yang bernilai ekonomis tinggi salah satunya adalah gaharu. Untuk meningkatkan beberapa usaha pengembangan pada tahun 2004, telah dibudidayakan tanaman Gaharu sebanyak 3000 batang. Pengembangan tanaman Gaharu ini berada di Pekon Pagar Bukit kecamatan Bengkunat.

Madu / Perlebahan

Hutan yang ada cukup berpotensi untuk pengembangan lebah madu, mengingat banyak tanaman yang menghasilkan bunga sebagai pakan lebah antara lain: kopi. Kaliandra da tanaman buah lainnya. Saat ini secara swadaya telah dikembangkan lebah madu lokal oleh masyarakat selingkut (reg 44B-Fajar Bulan). Dengan produksi rata-rata 3 kuintal madu/bulan.


Sutera Alam/Kokon

Kabupaten Lampung Barat adalah satu-satunya Kabupaten di propinsi Lampung yang mengembangkan Sutera Alam. Jenis tanaman  yang dikembangkan untuk pakan ulat  sutera adalah tanaman Murbei.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More