Senin, 28 Maret 2011

Industri Dan Perdagangan di lampung barat

Kondisi geografis Lampung Barat yang terdiri dari pegunungan dan perbukitan serta lautan yang luas menjadikan Kabupaten ini memiliki potensi sumber daya alam yang luar bias melimpah.  Mulai dari pemandangan alamnya yang penuh pesona juga produk hasil pertanian, perkebunan dan kehutanan yang melimpah.  Sumber daya alam ini sangat potensial sebagai bahan baku industri dan jika dilakukan penanganan pasca panen yang baik, dapat menjadi komoditi ekspor dalam bentuk raw material.

    * KUAT (Kawasan Usaha Agro Industri Terpadu)


      Tahun 2007, Pemkab Lampung Barat membangunan Kawasan Usaha Agro IndustriTerpadu (KUAT) di Pekon (Desa) Marang Kecamatan Pesisir Selatan. KUAT di bangun untuk mengolah berbagai potensi di daerah pesisir Lampung Barat seperti kelapa, perikanan dan damar agar mempunyai nilai tambah. Dengan demikian akan menambah penghasilan masyarakat. Karena KUAT menjadikan masyarakat sebagai pemasok

bahan baku utama. 

      Kawasan Industri Terpadu yang ingin diwujudkan adalah Kawasan Industri yang mengelola bahan baku lokal potensial berwawasan lingkungan, yakni industri pengolahan ikan terpadu dan industri pengolahan kelapa terpadu.

      Tahap pertama yang menjadi fokus KUAT adalah pengolahan kelapa. Mulai dari sabut hingga airnya akan menjadi produk bernilai tinggi.  Adapun komposisi dan produk turunan kelapa adalah untuk sabut kelapa produk turunanya  adalah coco fiber dan matras. Daging kelapa akan menjadi desicated coconut, VCO coconut oil dan biodesel, batok kelapa akan menjadi briket arang dan arang aktif, sementara air kelapa akan menjadi nata de coco, kecap dan cuka dapur.

      Selain kelapa yang menjadi produk KUAT adalah ikan segar dengan produk turunannya. Adapun produk turunan ikan segar adalah filet ikan yang menjadi bahan baku sosis ikan, bakso ikan dan abon ikan. Selain itu ikan segar juga bisa menjadi ikan beku yang produk turunannya adalah Fish nugget.

    * Potensi komoditi unggulan


      Dodol tomat dan labu Siam
      Komodit unggulan dari sektor pertanian diantaranya tomat dan labu siam yang sangat berlimpah, dengan luas areal 2.525 ha, dimana pemanfaatannya lebih lanjut produk pertanian ini menjadi makanan khas berupa Dodol tomat dan Labu siam terdapat di kecamatan sekincau dan Balik Bukit.

      Abon Ikan Tuna dan Blue Merlin
      Salah satu produk olahan dari hasil perikanan di Lampung Barat adalah abon ikan tuna dan blue merlin sentra produksi abon terdapat di Pesisir Barat Kecamatan Bengkunat dan di Pulau Pisang Kecamatan Pesisir Utara.

      Kopi Strawberry
      Kopi bubuk dengan aroma dan cita rasa khas merupakan produksi cinderamata yang cukup di kenal dari Lampung Barat.

      Kue Adat/ Kue Tart
      Salah satu makanan khas Lampung Barat adalah kue tart.  Kue ini ditampilkan pada saat acara resmi. Salah satu pengrajin kue ini adalah perusahaan kue”Dua Putri” di kecamatan Balik Bukit.

    * Produk Kerajinan


      Kain Tapis Krui
      Kain Tapis Krui merupakan produk tekstil tradisional Indonesia dengan Kain dasar aslinya adalah kain yang diproduksi dengan alat tenun gedogan/alat tenun bukan mesin yang selanjutnya disulam dengan motif beronamen khas Lampung Barat.

      Kerajinan Kayu Kelapa
      Produk Kerajinan kayu kelapa mulai dikembangkan di Lampung Barat sejak tahun 2004 Produk kerajinan kayu kelapa yang dikembangkan saat ini berupa alat perkantoran, alat rumah tangga dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More